Zaman terus berubah, kehidupan terus berganti. Menyimak pemaparan tentang kurikulum dan profil pelajar pancasila, satu kata yang dapat saya simpulkan adalah kata DINAMIS. Setiap guru harus siap dengan segala perubahan, sesuai arahan bapak pendidikan kita ada kodrat zaman yang tidak bisa dilawan, bahwa zaman terus bergerak, maka manusia didalamnya juga harus siap untuk bergerak seiring gerakan zaman. Mencermati arahan kerangka kurikulum, maka terlihat dan terbaca adanya integrasi antara pemerintah pusat dan daerah. Keduanya saling berbagi tugas dalam sektor pendidikan ini,
Pemerintah pusat memiliki kewenangan untuk menetapkan Profil Pelajar Pancasila, struktur
dasar mata pelajaran dan program penguatan profil pelajar Pancasila serta prinsip pembelajaran
dan asesmen. sedangkan satuan pendidikan. memiliki keleluasaan dalam merancang kurikulum operasional sekolah dan
modul ajar untuk memfasilitasi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kompetensi siswa. Pembagian ini sebagai upaya untuk menterjemahkan dan mengimplementasikan konsep memerdekakan pendidikan. Untuk apa semua itu? semata mata untuk mencapai goal bersama mencetak profil lulusan yang bertujuan
menunjukkan karakter dan
kompetensi yang diharapkan
diraih dan menguatkan nilai-nilai
luhur Pancasila peserta didik dan
para pemangku kepentingan. Sebuah uapay riel menggabungkan berbagai masukan dari para Ahli Materi , Ahli Pendidikan, Pakar Psikologi Perkembangan.,Organisasi profesi dan Praktisi di masing-masing bidang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar